Minggu, 13 Mei 2012

Kenapa Harus Menulis?


Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Hampir setiap hari pasti kita mengunakan teknik untuk berinteraksi dengan orang lain, setidaknya lewat SMS. Lebih jauh lagi kita mengunakan teknik ini untuk menulis surat, mengirim pesan via email, chatting via internet, membuat makalah, artikel, bahkan menulis opini hingga membuat buku.

Menulis menjadi teknik yang sangat efektif digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berdomisili ditempat lain. Walaupun kita bisa mengunakan telepon, tetap saja menulis mempunyai kelebihan tersendiri, apalagi dalam kasus tertentu. Menulis sangat diperlukan karena tidak semua hal bisa kita komunikasikan secara langsung.

Dengan menulis, seseorang dapat mengungkapkan sesuatu yang tak terucapkan. Disamping kelebihan lain seperti mencerminkan kedalaman pikiran, dapat dibaca berulang-berulang, mudah diduplikasi, berdaya sebar tinggi, dan dapat melintasi ruang dan waktu. Melihat hal-hal yang bisa dilakukan dengan menulis, seseorang penulis dapat memperoleh manfaat dalam kegiatan menulis ini, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Sebenarnya dengan menulis banyak manfaat yang kita dapatkan. Pertama, menulis merupakan metode melatih diri, dengan menulis kita terlatih untuk berpikir kritis, analisis, sintesis, serta runtut, dan membuat kesimpulan. Kedua, melatih kita berani mengekspresikan diri melalui kata-kata tanpa harus ada patner bicara secara langsung. Kadang kala buat kita-kita yang tidak fasih lidah, berlatih mengekspresikan diri menjadi kalau langsung berhadapan dengan orang lain. Ketiga, yang pasti jika tulisan kita sudah layak dikomersilkan akan mendatangkan keuntungan ekonomis dan mungkin menjadi lahan perkerjaan bagi kita.

Tulisan juga bisa digunakan untuk mempengaruhi orang lain. Sebagaimana kita tahu, Karl Max mampu mempengaruhi dunia dengan Das Capital-nya. Samuelson disebut-sebut sebagai peletak dasar ilmu ekonomi lewat Ecokonomic-nya. Bahkan Max Haveelar karya Edwar Dokker atau lebih dikenal dengan Multatuli itu menjadi buku yang sangat berpengaruh mengubah prilaku bangsa Belanda terhadap Indonesia.

Begitu pentingnya menulis sehingga bisa dipastikan hampir seluruh populasi didunia memerlukan teknik. Seorang pelajar setidaknya membutuhkan hal ini untuk mencatat, mengerjakan tugas dan menyelesaikan soal-soal. Mahasiswa membutuhkan hal ini untuk membuat makalah, mengerjakan tugas hingga membuat skripsi. Para pencari kerja membutuhkan ini untuk membuat surat lamaran dan CV. Orang kantoran membutuhkan teknik ini untuk menyelesaikan pekerjaan mereka yang berhubungan dengan dokumen. Bahkan ibu rumah tangga pun membutuhkan ini untuk mencatat arus keuangan keluarga. Belum lagi bagi jurnalis dan penulis tentu menulis merupakan suatu yang amat penting.

To be continue " Mamfaat Menulis"


Aryo Sang Penggoda (Aku menggodamu lewat tulisan)
Sumber : SATRIA NOVA dalam bukunya AGAR MENULIS SEENTENG BICARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar